Contoh TA, " Prosedur Pembukaan Tabungan pada PT BCA, Tbk ”

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Dimana tugas akhir ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang sederhana.  Adapun  judul  tugas  akhir,  yang  penulis  ambil  sebagai  berikut,  “Prosedur Pembukaan Tabungan pada PT BCA, Tbk”.
Tujuan penulisan tugas akhir ini dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan mata kuliah metode penelitian bisnis. Sebagai bahan penulisan diambil berdasarkan hasil penelitian (eksperimen), observasi dan beberapa sumber literatur yang mendukung penulisan ini. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka penulisan tugas akhir ini tidak akan lancar. Oleh karena itu pada kesempatan ini, izinkanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.    Direktur Akademi Manajemen Keuangan Bina Sarana Informatika.
2.    Ketua Program Studi Akuntansi (Konsentrasi Perbankan) Akademi Manajemen Keuangan Bina Sarana Informatika.
3.    Ibu Ida Zuniarti, S.E., M.M. selaku Dosen Pembimbing Tugas Akhir.
4.    Ibu Lavita Vanda, S.E. selaku Asisten Pembimbing Tugas Akhir.
5.    Ibu Rahma Yani selaku Manajer Keuangan PT Bank BCA, Tbk.
6.    Semua dosen dari Perbankan Diploma tiga (D.III) yang telah memberikan penulis dengan semua bahan yang diperlukan.
7.    Ucapan terima kasih ditujukan kepada keluarga penulis, terutama kedua orangtua, saudara-saudara yang telah sangat membantu dalam mendorong, menyarankan penulis untuk menyelesaikan tugas akhir ini.
8.    My bestfriend yang selalu memberikan dukungan untuk menyelesaikan tugas akhir ini.
9.    Ucapan  terima  kasih  ditujukan  kepada  teman-teman  61.4A.31  atas  waktunya  saat  kita bersama-sama.
Serta  semua  pihak  yang  terlalu   banyak   untuk   disebut   satu   persatu sehingga terwujudnya penulisan ini. Penulis menyadari bahwa penulisan tugas akhir ini masih jauh sekali dari sempurna, untuk itu penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan dimasa yang akan datang.
Akhir kata semoga tugas akhir ini dapat berguna bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca yang berminat pada umumnya.

Jakarta, 29 Mei 2017


Penulis


ABSTRAK
Bank BCA menyediakan produk penghimpunan dana, diantaranya adalah Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Berjangka, Tahapan Gold, Tapres, Simpanan Pelajar, TabunganKu, LAKU, BCA Dollar, Deposito Berjangka.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa tabungan tahapan BCA merupakan salah satu produk penghimpunan dana dari Bank Central Asia berupa tabungan yang ditujukan untuk keperluan nasabah, dan bersifat fleksibel dalam jangka waktu penyimpanan dan penarikannya. Penarikan tabungan ini dapat dilakukan melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri).
Perhitungan bunga tabungan dilakukan berdasarkan pada besarnya keuntungan yang diperoleh bank dalam mengelola dana yang disimpan masyarakat. perhitungan bunga tersebut dihitung dengan menjumlahkan saldo harian setiap tanggal dibagi dengan hari periode perhitungan bunga.
   
ABSTRACT
Bank BCA provides fundraising products, such as Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Berjangka, Tahapan Gold, Tapres, Student Savings, TabunganKu, LAKU, BCA Dollar, Time Deposit.
This study concludes that the savings stages of BCA Is one of the fundraising products from Bank Central Asia in the form of savings intended for the needs of customers, and is flexible in the period of storage and withdrawal. Withdrawal of this savings can be done through ATM (Automated Teller Machine).
The calculation of interest on savings is based on the amount of profits earned by banks in managing the funds saved by the community. The calculation of interest is calculated by adding up the daily balance of each date divided by the day of the interest calculation period

 DAFTAR ISI
Lembar Judul Tugas Akhir............................................................... i
Kata Pengantar .................................................................................. ii
Abstrak ............................................................................................. iv
Daftar Isi ........................................................................................... vi
Daftar Gambar .................................................................................. viii
Daftar Tabel ...................................................................................... ix
Daftar Lampiran ............................................................................... x
BAB 1            PENDAHULUAN................................................. 1
1.1 Latar Belakang .................................................  1
1.2 Perumusan Masalah ........................................... 2
1.3 Tujuan dan Manfaat ........................................... 2
1.4 Metode Pengumpulan Data ................................ 3
1.5 Ruang Lingkup ................................................... 3
1.6 Sistematika Pennulisan ....................................... 4
BAB 11          LANDASAN TEORI ............................................... 5
2.1 Tabungan ............................................................ 5
2.2 Tujuan Tabnungan .............................................. 6
2.3 Manfaat Tabungan .............................................. 6
BAB 111         PEMBAHASAN....................................................... 8
                        3.1 Tinjauan Umum PT Bank Central Asia,Tbk....... 8
3.1.1. Sejarah dan Perkembangan PT Bank Central Asia,Tbk            ....................................................... 8


3.1.2. Struktur Organisasi PT Bank Central Asia, Tbk  ............................................................... 10
3.1.3. Kegiatan Usaha PT Bank BCA, Tbk.. 10
3.2 Hasil Penelitian ................................................... 13
3.2.1 Prosedur Pembukaan Tabungan Bank Central Asia, Tbk           ...................................................... 13
3.2.2 Syarat-syarat membuka tabungan pada PT Bank BCA, Tbk                     ............................................ 15
            BAB 1V          PENUTUP................................................................ 19
4.1 Kesimpulan ......................................................... 19
4.2 Saran ................................................................... 19
Daftar Pustaka .................................................................................. 20
Daftar Riwayat Hidup ...................................................................... 21
Lampiran ........................................................................................... 23


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Peranan bank sangatlah penting bagi perekonomian suatu negara dalam hal mendukung pembangunan, karena pembangunan ekonomi di suatu negara sangatlah bergantung kepada dinamika perkembangan dan konstribusi nyata dari sektor perbankan. Perkembangan dunia saat ini telah membawa para pelaku perbankan kepersaingan yang sangat ketat untuk memperoleh konsumen. Berbagai pendekatan untuk merebutkan dana dari konsumen baik melalui peningkatan sarana dan prasarana berfasilitas teknologi tinggi maupun dengan pengembangan sumber dana manusia agar mampu memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen yang dilakukan oleh masing-masing bank telah menempatkan konsumen sebagai pengambil keputusan. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya produk dan fasilitas yang ditawarkan oleh pihak bank, sama halnya yang dilakukan oleh BCA. Saat ini siapa yang tidak mengenal BCA? Kepopuleran BCA meningkat sejak hadirnya program tabungan tahapan BCA yang juga membawa efek berkelanjutan pada perkembangan produk dan layanan yang ditawarkan oleh BCA.
Program tahapan BCA merupakan program tabungan yang memberikan hadiah langsung bagi nasabah. BCA menyediakan berbagai macam produk dan layanan yang dapat nasabah pilih sesuai dengan kebutuhan mereka. Seperti produk simpanan tahapan BCA, tahapan Gold, Tapres, BCA dollar, giro BCA, dan Deposito Berjangka. BCA juga menyediakan berbagai macam program kredit perbankan bagi nasabah yang berniat ingin membeli apartemen, rumah, ataupun kendaraan. Seperti KPR BCA, KPR BCAXtra, Refinancing, KPA BCA dan KKB BCA. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui macam-macam tabungan yang dituangkan penulis dengan judul “Prosedur Pembukaan Tabungan pada PT Bank Central Asia Tbk”

1.2. Perumusan Masalah
Penulis merumuskan masalah yaitu sebagai berikut:
1.      Bagaimana cara pembukaan tabungan pada PT BCA Tbk ?
2.      Apa saja macam-macam tabungan pada PT BCA Tbk ?

1.3. Tujuan dan Manfaat
Tujuan penulis dalam penelitian antara lain:
1.    Untuk mengetahui pembukaan tabungan pada PT BCA Tbk
2.    Untuk mengetahui berbagai macam tabungan pada PT BCA Tbk
     Sedangkan manfaat dari  penelitian ini adalah:
1.    Bagi Akademis
Penelitian ini diharapkan menjadi sarana pembelajaran dan bahan untuk perbandingan serta menjadi sumber informasi dan referensi bagi mahasiswa yang akan menyusun KKP atau Tugas Akhir yang berhubungan dengan pembahasaan penelitian ini.
2.    Bagi Pemilik dan Pengelola Bank
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi pemilik maupun pengelola PT BCA Tbk dalam pengambilan keputusan maupun meningkatkan kinerjanya dimasa mendatang.
3.    Bagi Penulis
Dari hasil penelitian ini penulis dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama di Akademi Manajemen Keuangan Bina Sarana Informatika.

1.4. Metode Pengumpulan Data
Metode yang dilakukan penulis dalam pengumpulan data yaitu:
1.      Observasi
Penulis melakukan pengamatan langsung di Bank BCA Tbk bagian customer service.
2.      Dokumentasi
Data diperoleh oleh penulis dari anual report, buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan, website BCA, dan media online yang relevan sebagai bahan pendukung.

1.5. Ruang Lingkup
Penyusunan Tugas Akhir ini, penulis membatasi ruang lingkup pembahasan yang penulis susun. Tugas Akhir ini hanya membahas tentang prosedur pembukaan tabungan dan macam-macam tabungan. Penulis menggunakan data sekunder yang ada di bank BCA.

1.6. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dalam Tugas Akhir ini terdiri dari Empat Bab  yaitu:
Bab      I           PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat, metode pengumpulan data, ruang lingkup dan sistematika penulisan.
Bab      II         LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan teori-teori yang menjelaskan tentang pengertian bank BCA, serta tujuan dan manfaat tabungan.
Bab      III        PEMBAHASAN
Bab ini berisikan pembahasan dalam penyusunan Tugas Akhir, yaitu tinjauan umum perusahaan/organisasi diantaranya seperti sejarah dan perkembangan perusahaaan/organisasi, struktur dan tata kerja organisasi, kegiatan usaha/organisasi, dan data hasil penelitian, prosedur pembukaan tabungan, dan macam-macam tabungan.
Bab      IV        PENUTUP
Menguraikan kesimpulan dari pembahasan yang ada serta dari bab-bab sebelumnya dan memberikan saran dari hasil kesimpulan untuk perusahaan/organisasi agar dapat melakukan perbaikan dimasa yang akan datang.



BAB II
LANDASAN TEORI
2.1.          Tabungan
2.1.1.      Pengertian Tabungan
         Menurut Undang-Undang Perbankan Nomor 10 Tahun 1998 adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro dan/ atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu. (Kasmir: 2002:84).
      Menurut Dumairy dalam bukunya yang berjudul “Perekonomian Indonesia” (1996:125) tabungan adalah bagian dari “pendapatan dapat dibelanjakan” (disposable income) yang tidak dikeluarkan untuk konsumsi.
          Pengertian tabungan menurut Thomas Suyatno (2001:71) tabungan adalah “simpanan dari pihak ketiga kepada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu”.
Sedangkan menurut Mandala Manarung dan Pratama Rahardja dalam bukunya yang berjudul “Uang Perbankan dan Ekonomi Moneter”, tabungan merupakan simpanan pihak ketiga yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.
          Pengertian tabungan menurut Simorangkir (1991:47) tabungan diartikan sebagai bagian derajat pendapatan nasional pertahunnya yang tidak di konsumsi.
          Menurut teori klasik tabungan adalah fungsi dari tingkat bunga. Semakin tinggi tingkat bunga semakin tinggi pula keinginan masyarakat untuk menabung. Artinya pada tingkat bunga yang lebih tinggi masyarakat akan lebih terdorong untuk mengorbankan atau mengurangi pengeluaran konsumsi guna menambah tabungan. (Nopirin : 1992: 7)
          Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa tabungan adalah sebagian dari pendapatan yang tidak digunakan untuk belanja atau tidak digunakan untuk kegiatan konsumsi. Tabungan merupakan investasi paling mudah, paling tidak beresiko, namun memiliki keuntungan yang sangat sedikit.
2.1.2.       Tujuan Tabungan
Ø  Membuat masyarakat meminati untuk menjadi nasabah bank dengan mempercayakan bank untuk mengelola dananya.
Ø  Meningkatkan pelayanan kepada para nasabah bank dengan fasilitas transaksi yang sering dilakukan seperti penarikan, penyetoran, dan lain-lain.
Ø  Sebagai alat untuk memudahkan transaksi bisnis atau usaha individu.
Ø  Uang yang disisihkan nasabah baik hasil pendapatannya di bank dapat digunakan untuk cadangan dimasa yang akan datang.
2.1.3.  Manfaat Tabungan
a.          Manfaat untuk Bank BCA :
·         Tabungan menjadi salah satu sumber dana bagi bank dan bisa dipakai untuk menunjang operasional bank dalam memperoleh keuntungan (laba).
·         Tabungan bisa menjadi penunjang untuk menarik nasabah dalam rangka menggunakan fasilitas dan banyak produk lainnya.
·         Untuk membantu program pemerintah setempat dalam memajukan pertumbuhan ekonomi.
·         Meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat agar menyimpan uang atau hartanya di bank.
b.    Manfaat untuk nasabah :
·         Mereka akan terjamin keamanan uangnya di bank.
·         Akan hemat bagi mereka yang menabung di bank karena terhindar dari pemakaian uang secara terus menerus.
·         Adanya kepastian saat menarik uang, karena dapat menarik uang dimana saja dan kapan saja dengan fasilitas ATM.


BAB III
PEMBAHASAN
3.1. Tinjauan Umum PT Bank Central Asia,Tbk
3.1.1. Sejarah dan Perkembangan PT Bank Central Asia,Tbk
                        BCA didirikan pada tanggal 21 Februari 1957 di pusat perniagaan Jakarta dengan nama Bank Central Asia NV. BCA terus berkembang sehingga pada tahun 1977 BCA telah menyandang predikat sebagai Bank Devisa.
                        Kemajuan BCA terlihat pula dari total assets yang selalu meningkat dari Rp 36,10 triliun di tahun 1996 menjadi Rp 53,36 triliun pada akhir desember 1997. Walaupun pada tahun 1998 total assets BCA hampir turun saat terjadi rush namun pada posisi akhir Desember 1998 berhasil melewati posisi Desember 1997 sehingga menjadi Rp 67,93 triliun dan pada akhir Desember 2003 telah mencapai Rp 132,97 triliun.
                        Sampai bulan Agustus 2000, BCA telah memiliki 795 kantor cabang di seluruh Indonesia, 2 kantor cabang dan 2 kantor perwakilan di luar negeri, yakni di New York, Bahamas Island, Hongkong dan Singapura. BCA juga bekerja sama dengan 1.482 bank koresponden di 79 negara. Jaringan ini memudahkan nasabah BCA dalam melakukan transaksi perbankan dengan rekan bisnis di seluruh dunia.
                        Setelah berada di bawah program Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sejak tanggal 28 Mei 1998 akibat krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak pertengahan tahun 1997 dan adanya krisis kepercayaan masyarakat terhadap sektor perbankan. BCA berhasil memulihkan bahkan meningkatkan kinerjanya serta berhasil mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat dan kembali berada dalam pengawasan Bank Indonesia pada tanggal 25 April 2000.
Visi dan Misi Bank BCA
·         Visi Bank BCA
Visi dari Bank BCA adalah menjadi Bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
·         Misi Bank BCA
Bank BCA mempunyai misi sebagai berikut :
a.       Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perorangan.
b.      Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah.
c.       Meningkatkan nilai franchise dan nilai stakeholder BCA.
  
3.1.2. Struktur Organisasi PT Bank Central Asia, Tbk



3.1.3. Kegiatan Usaha PT Bank Central Asia, Tbk
Dalam kegiatannya sehari-hari BCA lebih mengutamakan kepentingan dan kenyamanan nasabah. Hal ini dilakukan BCA untuk mempertahankan nasabahnya maupun untuk menarik nasabah yang lain. BCA adalah bank swasta terbesar di indonesia dimana dalam melaksanakan fungsinya sebagai lembaga intermediasi, BCA tidak hanya menghimpun dana dari masyarakat tetapi juga menyalurkan dana kembali dalam bentuk kredit.
Produk-produk Bank BCA antara lain:
1.      Simpanan
a.       Tahapan
b.      Tahapan Xpresi
c.       Tahapan Berjangka
d.      Tahapan Gold
e.       Tapres
f.       Simpanan Pelajar
g.      TabunganKu
h.      LAKU
i.        BCA Dollar
j.        Deposito Berjangka
2.      Pinjaman
a.       Kredit pemilikan apartemen
b.      Kredit pemilikan rumah
c.       KPR Refinancing BCA
d.      KPR Xtra
e.       Kredit kendaraan bermotor
f.       Kredit sepeda motor
3.      E-banking
a.       Sakuku
b.      Klik BCA
c.       BCA Klik Pay
d.      BCA Mobile
e.       mBCA
f.       flazz
g.      debit BCA
h.      ATM BCA
i.        SMS BCA
j.        Tunai BCA
k.      BCA by Phone
l.        DUITT
4.      Kartu Kredit BCA
Selain itu BCA juga memberikan fasilitas kemudahan pada nasabah. Adapun fasilitas yang diberikan BCA diluar simpanan masyarakat adalah kemudahan dalam pembayaran rekening listrik, telepon, fax, telex. Dengan adanya fasilitas tersebut, nasabah tidak perlu datang ke kantor yang bersangkutan tetapi cukup datang ke BCA untuk membayar kewajiban-kewajiban tersebut sehingga nasabah dapat menghemat waktu.
Upaya meningkatkan kualitas pelayanan nasabah merupakan komitmen utama BCA  untuk meningkatkan kepuasan nasabah dalam upaya menarik nasabah baru. Dimana strategi yang dilakukan BCA guna mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan tersebut melalui peng-aktifan program front liner (CS dan Teler). Pada dasarnya segala upaya yang dilakukan guna meningkatkan kualitas keamanan pelayanan yang telah dilaksanakan dan dikembangkan bertitik tolak dari keyakinan teguh bahwa bisnis perbankan tidak mungkin berjalan tanpa dukungan nasabah. 
            Seiring dengan komitmen tersebut BCA telah bertekad menjadi bank dengan layanan terbaik, untuk mencapai komitmen tersebut dapat diwujudkan melalui berbagai upaya peningkatan kemampuan layanan pada front liner yang salah satunya adalah customer service.

3.2. Hasil Penelitian
3.2.1. Prosedur Pembukaan Tabungan Bank BCA
1.      Datanglah ke kantor cabang bank BCA terdekat dengan membawa dokumen dan syarat-syarat diatas, lalu mengambil nomor antrian untuk Customer Service dan tunggu sampai nomor urut dipanggil.
2.      Setelah mempersiapkan persyaratan yang secara umum nantinya akan diminta oleh pegawai bank untuk administrasi pendaftaran nasabah baru kita mendatangi bank yang akan kita buat tabungan barunya. Pilihlah bank yang baik dan terbukti bagus oleh masyarakat.
3.      Jika anda datang pertama kali ke bank tersebut, tanyalah kepada satpam atau petugas lainnya yang bisa ditanyai tentang maksud kedangan anda, yaitu membuat rekening tabungan baru. Petugas yang ada akan membantu anda ke tempat pembuatan rekening baru.
4.      Pada saat anda membuat rekening baru biasanya anda akan dimintai ktp asli anda dan anda diwajibkan mengisi berbagai beberapa lembar formulir yang cukup melelahkan. Selanjutnya anda akan diminta tanda tangan didepan petugas bank. Usahakan jangan berbeda sekali dengan yang ada di kartu identitas anda, karena anda bisa dicurigai melakukan tindakan kriminal. Jika agak berbeda biasanya anda akan diminta tanda tangan lagi sampai mirip.
5.      Setelah semua urusan administratif selesai, maka anda akan mendapatkan buku tabungan dan diharuskan menyetor uang setoran awal secara tunai di kasir bank. Beberapa bank akan mungkin membebani anda dengan biaya lain seperti biaya materai dan sebagainya.
6.      Beberapa bank bisa membuat kartu atm di hari itu juga, namun ada juga yang mengharuskan anda menunggu beberapa hari kerja untuk menunggu kartu atm anda selesai di proses. Kelebihan yang beberapa hari proses adalah pada kartu atm anda bisa terpampang nama anda pada kartu tersebut. Jika bank tersebut bisa membuat kartu atm di hari yang sama, uruslah. Tetapi jika harus ditunggu beberapa hari kerja, anda sebaiknya menunggu sesuai anjuran dan datang kembali di lain waktu.
7.      Ketika kartu atm dari bank anda terima sebaiknya anda periksa dan dicoba dahulu agar tidak usah bolak-balik jika ada masalah. Segera ganti pin pada kartu atm anda dari pin default awal yang diberikan bank secara tertulis dan rahasia. Ganti dengan pin yang mudah anda ingat tetapi sulit ditebak orang lain. Setelah semua selesai anda kini sudah memiliki rekening bank baru yang siap anda gunakan untuk berbagai keperluan anda.
3.2.2 Syarat-syarat membuka tabungan bank BCA
Syarat umum pembukaan rekening bank BCA adalah sebagai berikut:
1.      Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening. Untuk mempercepat proses pendaftaran di Bank, sebaiknya anda mengisi isi kolom yang anda tahu seperti identitas diri dirumah. Sementara yang belum tahu silahkan isi setelah konfirmasi kepada pihak Customer Service.
2.      Membawa bukti identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor) serta NPWP (jika perlu sudah difoto copy masing-masing dua untuk mempercepat proses pendaftaran di Bank), jika tidak pihak bank yang akan memfoto copy sembari menunggu anda mengisi formulir. Nah bagi yang belum mempunyai NPWP, nanti akan diminta untuk mengisi surat pernyataan yang diberikan oleh pihak bank kantor cabang BCA tempat anda membuka yang menerangkan bahwa jika suatu hari anda sudah mempunyai NPWP, maka anda akan menyerahkan fotocopyan untuk melengkapi data nasabah.
Sedangkan syarat khusus setiap tabungan berbeda-beda, diantaranya:
1.      Tahapan
Tabungan tahapan ditujukan untuk umum, tidak ada batasan usia. Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut:
·         Setoran awal minimal Rp 500.000,00.
·         Setoran menabung selanjutnya minimal Rp 50.000,00.
·         Saldo minimum ditahan Rp 10.000,00.
·         Biaya penggantian buka karena rusak Rp 5.000,00.
·         Biaya cetak mutasi GTU Rp 5.000,00.
·         Biaya penutupan rekening Rp 5.000,00.
Untuk biaya administrasi tiap bulannya biasanya ditentukan layanan fasilitas paspor BCA (kartu ATM) yang di pilih. Pilihannya ada tiga yaitu: silver, gold, dan platinum.
·         Silver, biaya administrasi bulanannya Rp 15.000,00 dan untuk pembuatan baru dikenakan biaya Rp 10.000,00. Paspor BCA Silver hanya bisa menarik uang di ATM sehari maksimal Rp 7.000.000,00, sedangkan transfernya maksimal Rp 25.000.000,00
·         Gold, biaya administrasi bulanannya Rp 17.000,00 dan untuk pembuatan baru dikenakan biaya Rp 15.000,00. Paspor BCA Gold mampu menarik uang di ATM sehari maksimal Rp 10.000.000,00, sedangkan transfernya Rp 50.000.000,00.
·           Platinum, biaya administrasi bulanannya Rp 20.000,00 dan untuk pembuatan baru dikenakan biaya Rp 20.000,00. Paspor BCA Platinum mampu menarik uang di ATM sehari Rp10.000.000,00 dan kalau transaksi transfer bisa lebih dari Rp 100.000.000,00.
2.      Tahapan Xpresi
Tahapan Xpresi tampil baru dengan design kartu yang beragam, Khusus buat kamu yang kreatif, dinamis, dan berkarakter. Kamu bisa memilih lebih dari 50 desain kartu untuk Xpresi diri yang unik dan berbeda. Adspun syarat-syarat nya sebagai berikut:
·         Saldo minimum ditahan                            Rp 10.000,00
·         Biaya pembuatan/ganti kartu                    Rp 25.000,00
·         Biaya administrasi bulanan                       Rp 5.000,00
·         Biaya penutupan rekening                                    Rp. 5.000,00
3.      LAKU
Tabungan ini ditujukan untuk para agen atau pedagang. Berlaku bagi nasabah yang telah 21 atau telah menikah. Lebih mudah dan bisa diambil di mana-mana karena tidak melulu harus ke bank. Praktis, mudah, dan aman karena menggunakan kode rahasia OTP (One Time Password / Password Sekali Pakai) yang dikirimkan melalui handphone. Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut:
·           Telah berusia 21 tahun atau telah menikah.
·           Setoran awal                                 Rp 200.000,00            .
·           Biaya administrasi bulanan          Rp 2.000,00/kartu.
4.      Simpanan Pelajar
Tabungan Pelajar ditujukan untuk siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah(MI,MTs, MA) atau sederajat yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. Adapun syarat-syarat nya sebagai berikut:
·         Setoran Awal                                            Rp 5.000,00
·         Setoran Selanjutnya Minimum                  Rp 1.000,00
·         Saldo Minimum                                        Rp 5.000,00
·         Batas penarikan tunai di ATM                  Rp 7.000.000,00/hari
·         Transfer ke rekening BCA di ATM          Rp 25.000.000,00/hari
·         Biaya Administrasi                                   Bebas biaya
·         Biaya penutupan rekening                                    Rp 5.000,00
(atau sebesar sisa saldo jika di bawah Rp 5.000 dan dormant)
·         Biaya pasif, untuk rekening dormant dibebankan sejak bulan ke-13 Rp. 1.000 /bulan
·         Biaya transaksi debet ke-5 dst dalam satu bulan yang bersangkutan Rp 2.500,00 /transaksi
·         Biaya penggantian kartu                           Bebas biaya
·         Biaya cetak mutasi                                    Bebas biaya
5.      TabunganKu
Tabungan yang dkhususkan untuk perorangan. Diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia, TabunganKu hadir untuk menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Adapun syarat-syarat nya sebagai berikut:
·         Setoran Awal  Minimum sebesar                    Rp 20.000,00
·         Setoran Selanjutnya Minimum sebesar           Rp 10.000,00
·         Saldo Minimum                                              Rp 20.000,00
·         Tarik Tunai Maksimum sebesar           Rp 7.000.000,00/hari.
·         Dana yang tersisa di rekening minimal           Rp 20.000,00
·         Transfer antar BC sebesar       Rp 25.000.000,00/hari.



BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
      Dari hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa usaha perbankan pada Bank Central Asia meliputi tiga kegiatan, yaitu menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa bank lainnya. Kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana merupakan kegiatan pokok bank sedangkan memberikan jasa bank lainnya hanya kegiatan pendukung.
      Kegiatan menghimpun dana, berupa mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan tabungan. Biasanya sambil diberikan balas jasa yang menarik seperti, bunga dan hadiah sebagai rangsangan bagi masyarakat. Kegiatan menyalurkan dana, berupa pemberian pinjaman kepada masyarakat. Sedangkan jasa-jasa perbankan lainnya diberikan untuk mendukung kelancaran kegiatan utama tersebut.

4.2 Saran
       Diharapkan Bank Central Asia dapat meningkatkan dan mengembangkan produk yang dimiliki, contohnya dengan melakukan berbagai kreativitas dan inovasi terbaru mengenai tabungan-tabungan BCA. Walaupun strategi pemasaran yang di tetapkan atas produk tabungan BCA ini cocok dan berhasil, BCA tetap tidak boleh berpuas diri, mengingat masih banyak hal-hal yang masih perlu ditingkatkan.


DAFTAR PUSTAKA
  • Kasmir. 2002. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  • Dumairy. 1996. Perekonomian Indonesia. Jakarta. Erlangga.
  • Mandala Manurung dan Pratama Raharja, Uang, Perbankan, dan Ekonomi Moneter (Kajian  Kontekstual  Indonesia), (Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta, 2004), hlm. 10.
  • Nopirin. 1992. Ekonomi Moneter II. BPFE : Yogyakarta
  • www.bca.co.id      


<




Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan PPIP dengan PPMP

Contoh Makalah Ekonomi "UANG DAN BANK"